Kamis, 01 Mei 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar ke -2

Implementasi Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri





A.  PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB

            Tanggung  jawab  menurut  kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung,memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya  yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tangung  jawab juga  berarti berbuat  sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

            Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti pula ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggungjawabannya. Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung-jawabannya.

            Bila si mahasiswa malas belajar, dan ia sadar akan hal itu. Tetapi ia tetap tidak mau Belajar dengan alasan capek, segan dan lain-lain. Padahal ia menghadapi ujian.Ini berarti bahwa si mahasiswa tidak memenuhi kewajibannya,berarti pula ia tidak bertanggung jawab.

            Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab   karena  ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa  pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya.Untuk memperoleh atau meningkatkan  kesadaran  bertanggung  jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan,penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B.   MACAM-MACAM  TANGGUNG JAWAB

            Manusia  itu berjuang  memenuhi  keperluannya  sendiri atau untuk keperluan  pihak lain. Untuk  itu ia manghadapi  manusia  lain dalam masyarakat  atau menghadapi  lingkungan  alam dalam usahanya  itu manusia juga menuadari  bahwa ada kekuatan  lain yang ikut menentukan yaitu  kekuasaan   Tuhan.   Dengan demikian  tanggung  jawab   itu  dapat  dibedakan   menurut keadaan  manusia  atau hubungan  yang dibuatnya.  Atas dasar  ini, lalu dikenal  beberapa jenis tanggung  jawab,  yaitu  :


  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri
  • Tanggung jawab terhadap keluarga
  • Tanggung  jawab terhadap Masyarakat
  • Tanggung jawab  kepada  Bangsa / Negara
  • Tanggung jawab terhadap Tuhan

C.   PENGABDIAN  DAN PENGORBANAN

            Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan.  Pengabdian  dan pengorbanan  adalah perbuatan baik untuk kepentingan  manusia itu sendiri.

(a).  Pengabdian
            Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan  kesetiaan,  cinta, kasih sayang, hormat,  atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan  ikhlas.

(b).  Pengorbanan
            Pengorbanan  berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan,  sehingga  pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan  kebaktian.  Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.


Pada pertemuan kali ini sesuai dengan tema tugas softskill ke -2 yang akan saya bahas adalah Implementasi Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri.
Manusia disamping memiliki Tanggung Jawab juga memiliki Kewajiban yang keduanya saling berhubungan. Kewajiban adalah Sesuatu yang harus kita lakukan, sedangkan Tanggung Jawab adalah rasa yang dimiliki Manusia untuk menanggung setiap resiko yang akan terjadi apabila ia melakukan suatu hal. Dalam hal ini kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab yang besar, karena untuk menjadi manusia yang sukses/berhasil di dunia dan akhirat kita harus mempunyai komitmen dalam menjalani hidup dan fokus terhadap tujuan agar apa yang kita inginkan bisa tercapai. Dalam melaksanakan Tanggung Jawab kita harus melaksanakan dengan sepenuhnya jangan setengah - setengah apalagi menghindar dari Tanggung Jawab tersebut. karena jika kita menghindar dari Tanggung Jawab maka masalah yang ada tidak akan terselesaikan bahkan bisa bertambah rumit yang menyebakan manusia itu semakin terpuruk karena beban yang ditanggungnya akan semakin berat. Jadi jadilah pribadi yang berani yang siap menaggung setiap resiko yang telah diperbuat dan harus dipertanggung jawabkan, minimal jika kita sudah melaksanakan dengan baik Tanggung Jawab terhadap diri sendiri maka Tanggung Jawab terhadap yang lainnya akan berjalan dengan lancar, karena sesungguhnya nilai kepribadian manusia baik buruknya dibangun dari Tanggung Jawab. 


0 komentar:

Posting Komentar